2.2.07

MUSIM DINGIN YANG KEMARAU

adalah tahun ini... tahun yang kemarau ketika musim dingin tiba... hujan tidak kunjung datang.. hanya saja malam yang semakin dingin diselimuti kabut.. yang semakin malam semakin tebal.. ini mungkin yang kali pertama... masyarakat sous dan iklim agadir sudah ketar ketir dengan tidak turunnya hujan saat ini.. beberapa perkebunan, jeruk dan pisang sudah mati kekeringan.

dua minggu yang lalu Raja KH . Mohammad 6 memerintahkan kesegenap mesjid diseluruh maroko untuk shalat Istisqa.. hari jumat jam sepulih pagi... pagi itu ramai sekali semua bunyi bunyian bunyi.. dari gendang sampai suara terompet bunyi, kebetulan saya masih tidur.. dan akhirnya terbangun juga dan ikut bergabung shalat istisqo.

yang menarik dari shalat istisqo dimasjid waktu itu adalah.. acara membalik baju sehabis ceramah khatib, padahal saya belum siap siap untuk membalik baju...dan biasanya pengalaman saya di Indonesia itu hanya membalikan serban saja.

wah.. ajang buka bukaan nih.. pikir saya, sambil merilik ke arah ruangan tempat cewek cewek .. wakakakak.... habis, saya baru tahu kalau istisqo disini itu membalikan baju.

yang kurang dari istisqo disitu waktu itu tidak hadirnya hewan peliharaan.. padahal untuk kenitra.. tidak akan terhitung jumlah keledai, sapi dan kambing.. yang mungkin kalau ikut dihadirkan kearena istisqo akan turut berdoa juga. dan begitu juga sunahnya, siapa tahu doa mereka yang didengar.

hanya saja nilai plusnya diambil oleh jamaat yahudi yang ikut juga berdoa dan bersembahyang dengan gaya mereka yang mereka sebut juga istisqo, dua hari setelah kita beristisqo.

hampir setiap hari saya cek kelangit.. melihat mendung akankah datang.. sekalian mau menguji juga sejauh mana doa istisqo didengar...sehari, dua hari langit masih cerah, tiga hari mulai mendung, akhirnya datang juga hujan itu setelah tujuh hari penantian... alhamdulillah...ternyata tuhan maha mendengar.

allahumma sayiban nafian.... semoga hujan ini mendatangkan berkah...

No comments: